Rabu, 17 Juni 2020

Menarik Pelanggan dengan Pemasaran Online

Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Pemasaran
Dosen Pengampu : Citra Savitri, S.E., M.M.

Nama : Fita Carolin Mashabi
Kelas : MP A (MN17G)
NPM : 17416261201110

UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG


Menarik Pelanggan dengan Pemasaran Online
Pendahuluan

Di era globalisasi ini, teknologi di indonesia khususnya berkembang sangat pesat. Sehingga merambah kedunia pemasaran yang sering dilakukan dengan metode online yang sudah sangat wajar dilakukan di era sekarang ini, banyak para produsen yang melakukan pemasaran secara online ini dengan hal ini maka produsen dapat mempersingkat waktu untuk memberikan informasi tentang produknya kepada para konsumen melalui media pemasaran ini juga dapat juga untuk menghemat biaya pemasarannya sendiri sehingga dapat menekan biaya pemasaran dan dengan tujuan untuk meningkatkan volume penjualan.
Pengertian pemasaran menurut Philip Kotler adalah pemasaran merupakan suatu proses sosial yang di dalamnya terdapat individu dan kelompok yang akan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.
Menurut wikipedia.com pemasaran online adalah kegiatan pemasaran produk atau layanan melalui internet.
Menurut pengamat e-business Rudianto Prabowo dalam Brand of Think (BoT.2005) ada dua perspektif tentang online marketing yaitu :
Perusahaan Brick and Click artinya perusahaan yang melakukan transaksi di dua channel (Offline dan Online)
- Perusahaan Pure Play artinya perusahaan yang benar-benar melakukan transaksi hanya di dunia maya. Diluar itu adalah perusahaan brick and mortar, yaitu perusahaan pada umumnya hanya ada di dunia nyata.
Dari berbagai pengertian diatas maka dapat penulis simpulkan bahwa pemasaran online adalah pemasaran dari sebuah produk atau layanan yang dilakukan dengan internet. Kegiatan yang dilakukan dalam pemasaran online ini pada umumnya adalah berkisar pada kegiatan pembuatan periklanan dari produk itu sendiri, penyusunan kata untuk kegiatan pemasaran, kegiatan pembuatan web design, periklanan secara online atau online advertising yang bisa berupa sebuah banner, pemasaran online juga bisa di buat dalam search engine atau mesin pencarian, melalui e-mail maupun interactive advertising.

Manfaat

Manfaat dari pemasaran online bagi konsumen :
-    Akses pilihan lebih mudah dan banyak
-  Interaktiv
- Memudahkan konsumen untuk mengetahui produk
- Nyaman, karena bisa dilakukan dimana saja dan juga kapan saja
Manfaat dari pemasaran online bagi produsen :
Biaya murah sehingga dapat meningkatkan volume penjualan dan juga efisien
- Waktu yang dilakukan fleksibel
- Dapat menentukan waktu, juga hari yang tepat sehingga produk bisa tepat sasaran pada konsumen.

Memiliki sebuah produk yang bisa diandalkan itu tidak cukup untuk menarik perhatian para konsumen, kita sebagai produsen harus mengetahui tentang bagaimana yang harus kita lakukn dalam pemasaran online : 
- Produk Knowledge ; sebagai seorang produsen kita harus mengetahui tentang produk apa yang akan kita jual, bahan yang digunakan untuk membuat produk tersebut sehingga kita dapat mengetahui manfaat dari produk tersebut, maupun cara penggunaan dari produk tersebut.
- Target ; kita harus tahu siapa target sasaran yang akan kita tuju sehingga kegiatan pemasaran online yang kita lakukan bisa tepat sasaran.
- Penggunaan Bahasa ; gaya kalimat baik secara lisan maupun tulisan yang kita muat dalam kegiatan pemasaran online harus semenarik mungkin sehingga konsumen dapat tertarik dengan membaca atau mendengar dari kalimat yang kita tulis tersebut.
- Berikan foto atau video ; penambahan video atau foto dalam suatu pemasaran online merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan agar konsumen mengetahui produk apa yang kita jual, usahakan foto atau video yang semenarik mungkin dan sesuai dengan target sasaran dari kita.
- Promosi ; salah satu hal yang menarik bagi para konsumen adalah “Diskon” oleh karena itu sebagai produsen kita harus melakukan kegiatan ini dalam catatan dengan situasi dan kondisi yang memungkinkan.

Kesimpulan 
Kegiatan pemasaran online saat ini sangat tepat untuk dilakukan karena pada saat ini semua masyarakat harus stay at home karena sedang mewabahnya virus Covid-19, kecuali bagi yang mempunyai kepentingan mendesak, sehingga pada saat ini konsumsi gadget yang dilakukan cukup meningkat. hal ini menyebabkan para masyarakat harus membeli kebutuhannya lewat online sehingga membuat mereka akan tetap berada di rumah tanpa takut tertular atau menularkan virus Covid-19 ini. 

Sekian informasi dari penulis, semoga bermanfaat ya teman-teman :)





1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    BalasHapus

Manajemen Penjualan Salah Satu Marketplace yang Ada di Indonesia

Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Pemasaran Dosen Pengampu : Citra Savitri, S.E., M.M Oleh  Fita Carolin Mashabi MN17G - 17416261...